Resep Opor Ayam dengan Lemon Khas Negara Barat

Tidak ada yang benar-benar tahu siapa yang menciptakan ayam Vesuvio, ayam panggang dan hidangan kentang dalam saus anggur putih dinamai Gunung Vesuvius, gunung berapi di Campania, Italia. Beberapa percaya hidangan itu pertama kali muncul di menu di Vesuvio, sebuah restoran Chicago yang terkenal pada 1930-an; yang lain percaya itu adalah riff pada hidangan ayam panggang yang dibuat oleh nenek di Italia Selatan selama ratusan tahun. (Kebenaran mungkin ada di suatu tempat di tengah.) Apa pun asalnya, penduduk Chicago mengklaimnya sebagai milik mereka, dan Anda dapat menemukannya di hampir setiap restoran Italia-Amerika di Windy City. Hidangan ini selalu mengandung banyak oregano dan jus lemon, dan biasanya berupa hamburan kacang polong segar atau beku untuk warna. Kami menjangkau La Scarola, salah satu restoran Italia-Amerika paling populer di Chicago, untuk resep mereka, dan kemudian kami mengadaptasinya untuk koki rumahan. Sajikan dengan banyak roti kering, untuk menyedot saus yang lezat.

Bahan

3 kentang russet besar (sekitar 2 1/4 pon), digosok, dibelah dua memanjang, kemudian ke dalam irisan selebar 1 inci.
5 sendok makan minyak zaitun extra virgin
1 ½ sendok teh oregano kering
Paha ayam dengan kulit 3 kilogram (sekitar 8 paha)
Garam halal dan lada hitam
4 sendok makan mentega tawar, potong menjadi 4 iris
6 hingga 8 siung bawang putih, iris tipis
1 ¼ gelas kaldu ayam
¼ gelas anggur putih kering
1 cangkir kacang hijau segar atau beku
½ lemon, dijus
Peterseli cincang Italia, untuk disajikan
Roti kering, untuk disajikan

Informasi Gizi

Persiapan

Panaskan oven hingga 425 derajat. Dalam loyang berukuran 9 kali 13 inci, aduk irisan kentang dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan 1/2 sendok teh oregano; Bumbui dengan garam dan merica. Sebarkan kentang dalam lapisan merata (OK jika beberapa tumpang tindih). Panggang, aduk rata setengah matang saat memasak, sampai ujungnya mulai kecoklatan, dan kentang bisa ditusuk dengan garpu tetapi masih cukup keras, sekitar 30 menit. (Mereka akan selesai memasak dengan ayam.)
Sambil kentang dipanggang, siapkan ayam: Bumbui ayam dengan garam, merica, dan 1 sendok teh oregano yang tersisa. Dalam wajan besar 12 inci, panaskan sisa 2 sendok makan minyak zaitun di atas api sedang sampai berkilauan. Jika perlu, aduk-aduk, masak ayam dengan kulit menghadap ke bawah, sampai berwarna cokelat keemasan, 8 hingga 10 menit. Pindahkan ayam ke piring.
Kecilkan api sedang-rendah, tambahkan mentega dan bawang putih ke wajan dan masak sampai mentega meleleh dan bawang putih wangi dan baru saja mulai cokelat, 2 hingga 3 menit. Tambahkan kaldu ayam dan anggur ke wajan, didihkan dan masak selama 2 menit. Tambahkan kacang polong. Tuang adonan merata di atas kentang, lalu aduk rata. Tempatkan ayam di atas campuran kentang yang dimasak, dengan kulit menghadap ke atas. Gerimis jus ayam yang dipesan di atas.
Panggang sampai ayam matang dan kentang empuk, 20 hingga 25 menit. Nyalakan fungsi panggangan oven, dan panggang sampai kulit ayam berwarna cokelat keemasan dan segar, 1 hingga 2 menit. Gerimis dengan jus lemon, dan taburi dengan peterseli. Sajikan segera, dengan banyak jus wajan disendok di atas ayam dan kentang, dan roti kering di sampingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *