Ayam Bakar Huli-Huli

Pada tahun 1955, Ernest Morgado, seorang pengusaha Honolulu, melayani sekelompok petani ayam bakar yang telah direndam dalam saus gaya teriyaki ibunya. Itu sangat mengejutkan sehingga ia memutuskan untuk memasarkannya dengan nama “huli huli.” Huli berarti “berbalik” dalam bahasa Hawaii dan mengacu pada cara persiapannya: dipanggang di antara dua rak dan diputar setengah jalan saat memasak. Versi sederhana ini membutuhkan potongan ayam dan panggangan standar. Resep asli adalah rahasia dagang, tetapi Anda dapat menemukan banyak variasi yang sedikit berbeda di internet, biasanya termasuk jahe, bawang putih, kecap, sesuatu yang manis (madu, gula merah atau sirup maple) dan sesuatu yang bersifat asam (cuka, anggur putih, jeruk nipis jus atau jus nanas). Resep ini diadaptasi dari “Aloha Kitchen: Recipes from Hawai‘i” oleh Alana Kysar (Ten Speed, Maret 2019). Ini juga bekerja dengan indah dengan paha ayam tanpa tulang, tetapi sesuaikan waktu memasak Anda.

Bahan

½ cangkir saus tomat
½ cangkir kecap asin
½ cangkir gula ringan atau coklat tua
¼ cangkir cuka beras atau cuka sari apel
1 (1 inci) jahe segar, kupas dan parut halus
2 hingga 3 siung bawang putih, kupas dan parut halus
3 ½ hingga 4 pon potongan tulang ayam dengan kulit asli
Minyak biji anggur atau canola, untuk menyikat panggangan panggangan

Persiapan

Dalam mangkuk besar atau kantong plastik seukuran galon, kombinasikan kecap, kecap, gula merah, cuka beras, jahe dan bawang putih, lalu aduk atau kocok hingga tercampur. Cadangan dan dinginkan ½ cangkir campuran untuk mengolesi ayam nanti. Tambahkan ayam ke campuran yang tersisa, dan aduk atau kocok sampai merata. Jika menggunakan mangkuk, tutup dengan bungkus plastik. Dinginkan semalaman, atau setidaknya 8 jam, putar ayam setidaknya sekali.
Saat Anda siap memasak, beri minyak grill Anda dengan baik. Panaskan panggangan sampai sedang (untuk arang, panggangan siap ketika Anda bisa memegang tangan 5 inci di atas arang selama 5 hingga 7 detik). Tambahkan ayam ke panggangan, tutup, dan masak 25 hingga 35 menit, balik setiap 5 menit agar ayam tidak terbakar, dan olesi dengan rendaman khusus setelah Anda memutarnya, hingga matang. (Waktu memasak akan bervariasi tergantung pada ukuran dan potongan ayam, jadi pastikan untuk memeriksa kematangan: Daging tidak boleh berwarna merah muda dan jusnya harus bening.) Sajikan segera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *