Ayam Goreng Dengan Sambal Saus Zaitun

Ayam wajan yang tajam dan bernoda kunyit ini membuat sebagian besar sisa schmaltzy tertinggal di wajan, yang dibumbui dengan bawang putih segar, zaitun asin dan sedikit air. Pikirkan saus panci, tetapi dilakukan di atas loyang.

Bahan

3 ½ pon tulang-in, kulit-on bagian ayam
1 sendok teh kunyit bubuk
6 sendok makan minyak zaitun
Garam halal dan lada hitam
½ cangkir cuka anggur putih
1 ½ cangkir zaitun Castelvetrano hijau, dihancurkan dan diadu
2 siung bawang putih, parut halus
1 cangkir peterseli, daun dan batang lunak, dicincang

Persiapan

Panaskan oven hingga 450 derajat. Tempatkan ayam di atas loyang berbingkai dan aduk dengan kunyit dan 2 sendok makan minyak zaitun, dan bumbui dengan garam dan merica. Pastikan ayam memiliki kulit menghadap ke atas, lalu tuang cuka berulang-ulang dan masukkan ke dalam oven.
Panggang ayam, tanpa membalik, sampai matang dan kecokelatan seluruhnya, 25 hingga 30 menit.
Sementara itu, kombinasikan zaitun, bawang putih, peterseli, sisa 4 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan air dalam mangkuk kecil; Bumbui dengan garam dan merica.
Setelah ayam matang, keluarkan loyang dari oven dan pindahkan ayam ke piring saji besar, tinggalkan jus dan potongan yang menempel di wajan.
Pastikan loyang berada di atas permukaan yang kokoh (kompor, penghitung), lalu tuangkan campuran zaitun ke atas loyang. Dengan menggunakan spatula atau sendok kayu, perlahan-lahan kikis semua potongan ayam yang tertinggal, biarkan campuran zaitun bercampur dengan lemak yang diberikan dan semakin cakep. Tuang campuran zaitun di atas ayam, lalu sajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *