Mie Somen dengan telur rebus dan Jamur

Salep yang sempurna untuk hari-hari musim dingin, sup mie vegetarian ini dapat dirakit dalam sekejap dari isi dapur yang lengkap. Dibutuhkan rasanya dari kaldu cepat menggunakan hanya empat bahan: kecap, minyak wijen, daun bawang dan shiitakes, yang menghasilkan dosis glutamat yang kuat dan beraroma. Telur rebus menambah kekayaan pada kaldu yang bersih dan nyaman. Telur segar memiliki albumen yang lebih kuat dan lebih kencang (putih telur) dan karenanya memiliki bentuk yang lebih baik daripada telur yang lebih tua, yang cenderung membengkak. Kunci utama untuk mencapai bentuk tetesan air mata selama perburuan adalah membiarkan telur mendidih tanpa gangguan sampai matang.

Bahan

2 sendok makan minyak sayur
3 daun bawang, dipangkas, putih dan hijau dipisahkan dan diiris tipis
8 ons jamur shiitake segar, batang dibuang dan tutup diiris tipis (sekitar 3 cangkir)
Garam halal
1 bok choy sedang (sekitar 4 ons), potong kecil-kecil
3 sendok makan kecap asin
2 sendok teh minyak wijen panggang, ditambah lagi untuk disajikan
2 bundel (sekitar 7 ons total) mie somen, atau mie gandum atau beras tipis
2 butir telur besar

Persiapan

Bawa panci air besar ke api kecil.
Panaskan minyak sayur dalam panci di atas api sedang. Tambahkan bawang putih dan irisan jamur, bumbui dengan garam dan masak sampai kecoklatan, aduk sesekali, 5 hingga 6 menit.
Tambahkan 3 gelas air ke dalam panci dan didihkan dengan api sedang-tinggi. Tambahkan bok choy dan masak sampai empuk, sekitar 1 menit. Aduk saus kecap dan 2 sendok teh minyak wijen dan bumbui dengan garam. Matikan api dan tutuplah agar tetap hangat.
Sementara itu, masak somen sesuai dengan instruksi paket dalam air mendidih di panci. Dengan menggunakan sendok berlubang atau laba-laba, bagi mie di antara mangkuk-mangkuk, biarkan air mendidih di dalam panci. Pecahkan setiap telur ke dalam mangkuk kecilnya sendiri, buang cangkangnya. Aduk air mendidih dalam panci, buat pusaran dengan mengaduknya dengan sendok kayu. Tambahkan telur, satu demi satu, dan masak dengan api sedang sampai putih, sekitar 3 menit. Pindahkan telur ke mangkuk mie menggunakan sendok berlubang.
Masukkan kaldu shiitake yang sudah dipesan ke dalam mangkuk. Taburi dengan irisan daun bawang, gerimis dengan minyak wijen dan sajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *