Resep Penyuka Sate Babi Dengan Bumbu Thailand Dan Saus Kacang

Di seluruh Asia Tenggara, tusuk sate kecil dari daging diasinkan, dipanggang di atas bara, dijual sebagai makanan ringan jalanan. Harum manis dengan santan dan rempah-rempah, mereka sempurna untuk pesta barbekyu disajikan dengan nasi, atau sendiri dengan minuman, baik di dalam ruangan atau di luar. Anda bisa menggunakan pork loin atau tenderloin, tetapi sirloin atau pundak marmer lebih lezat.

Bahan
Untuk tusuk sate:

1 ½ pon pinggang babi, tenderloin atau bahu, diiris menjadi empat persegi panjang tipis (1/4 inci x 1 inci x 2 inci; Anda harus memiliki sekitar 24 potong)
1 bawang merah, dicincang
2 siung bawang putih, cincang
1 sendok makan jahe parut
3 sendok makan serai cincang
1 sendok teh biji jintan, dipanggang dan ditumbuk
1 sendok teh biji ketumbar, dipanggang dan ditumbuk
1 ½ sendok teh kunyit
¼ sendok teh cabe rawit
1 sendok makan saus ikan
1 sendok makan jus jeruk nipis
2 sendok teh kecap asin
1 sendok makan gula merah
½ cangkir santan
Daun ketumbar dan basil, untuk hiasan (opsional)

Untuk mentimun:

1 pon mentimun Persia atau Jepang, dikupas, dibelah dua dan dipotong menjadi irisan 1/4 inci
½ sendok teh garam
2 sendok makan jus jeruk nipis
2 sendok makan gula pasir
2 bawang merah kecil diiris tipis, sekitar 1/4 gelas
2 cabai Thailand atau serrano segar, diiris menjadi beberapa bagian

Untuk saus kacang:

1 cangkir kacang panggang kering, tawar
2 siung bawang putih, cincang
1 sendok teh kecap asin
2 sendok teh minyak wijen
2 sendok makan gula merah
2 sendok makan saus ikan
2 sendok makan air jeruk nipis, lebih banyak secukupnya
⅛ sendok teh cabe rawit
½ cangkir santan

Persiapan

Siapkan tusuk sate: Masukkan daging babi ke dalam mangkuk. Dalam mangkuk terpisah, aduk bersama bawang merah, bawang putih, jahe, serai, jintan, ketumbar, kunyit, cabai rawit, kecap ikan, perasan jeruk nipis, kecap manis, gula merah dan santan, lalu tuangkan di atas daging. Aduk dengan tangan Anda agar terlapisi dengan baik. Biarkan diasinkan setidaknya selama 30 menit atau semalam. Sementara itu, rendam 12 tusuk sate bambu dalam air.
Siapkan mentimun: Masukkan mentimun ke dalam mangkuk dan bumbui dengan garam. Tambahkan jus jeruk nipis, gula, bawang merah dan cabai dan aduk rata. Diamkan selama 15 menit. Periksa bumbu, lalu transfer ke piring saji.
Siapkan saus kacang: Isi kacang sebentar di dalam food processor sampai halus. Tambahkan bawang putih, kecap asin, minyak wijen, gula merah, kecap ikan, jus jeruk nipis, cabai rawit dan santan, dan proses sampai matang. Pindahkan ke mangkuk, lalu rasakan dan sesuaikan bumbu. Kurus sedikit dengan air jeruk nipis atau air sesuai keinginan.
Masukkan 2 irisan daging babi ke setiap tusuk sate bambu, jaga agar daging serata mungkin. Panggang di atas bara panas, di bawah pemanggang atau di atas panggangan kompor selama 3 menit di setiap sisi, sampai matang dan agak kecokelatan. Pindahkan ke piring dan hiasi dengan daun ketumbar dan basil. Sajikan dengan saus mentimun dan saus kacang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *